Mengenal gejala kanker serviks stadium 1 dengan baik dan benar merupakan hal yang patut diketahui oleh para wanita. Seperti ysng kita ketahui, kanker serviks merupakan penyakit paling mematikan yang dapat dialami oleh para wanita. Indonesia menjadi negara tertinggi yang mengidap penyakit kanker serviks tersebut. Terdapat 80 % dari jumlah penderita kanker serviks di dunia yang berasal dari Indonesia. Kerena terlalu banyaknya penderita kanker serviks yang ada di Indonesia, dapat dibayangkan berapa banyak korban yang berjatuhan akibat penyakit serviks tersebut.

Jika diperhatikan dengan baik, banyaknya jumlah korban yang menderita kanker serviks dapat terjadi akibat kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia mengenai gejala kanker serviks tersebut. Penderita biasanya mulai menyadari bahwa dirinya terkena penyakit kanker ketika kondisi kanker serviks tersebut telah memburuk. Hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat gejala kanker serviks stadium 1 tidak mudah dikenali. Agar jumlah penderita kanker serviks tidak bertambah, ada baiknya para wanita Indonesia mengenali berbagai macam gejala kanker serviks dengan baik. Berikut ini merupakan berbagai gejala penyakit kanker serviks stadium 1 yang perlu dipahami dengan baik:

·         Vagina mengeluarkan cairan dalam jumlah yang berlebih

Cairan vagina yang dikeluarkan memiliki bau yang tidak sedap, berwarna merah muda atau coklat dan dapat pula berwarna putih kekuningan yang pekat. Cairan vagina tersebut terlihat lebih kental dari biasanya.

·         Rasa nyeri pada bagian bawah perut

Gejala lain yang dapat terjadi akibat kanker serviks adalah timbulnya rasa sakit di bagian bawah perut. Rasa nyeri dan peradangan dapat muncul ketika penderita sedang melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

·         Siklus menstruasi yang tak teratur

Siklus menstruasi yang tak teratur menjadi gejala kanker serviks stadium 1 yang lainnya. Para wanita yang mengalami menstruasi tanpa henti dapat menjadi sebuah pertanda bahwa dirinya memiliki menderita kanker serviks. Meskipun begitu, kondisi tersebut selalu menjadi pertanda bahwa dirinya menderita kanker serviks. Bisa saja menstruasi yang tak teratur tersebut terjadi akibat tingkat stress yang tinggi.