Tidak semua orang tahu apa saja syarat rental motor area jogja. Tentu saja, banyak orang yang tidak tahu lantaran tidak memiliki pengalaman meminjam motor saat berada di Jogja. Namun ketika Anda baru saja membututuhkan rental motor misalnya untuk wisata di Jogja atau keperluan lainnya, maka penting sekali mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat untuk bisa menyewa motor di Jogja sangat mudah dipenuhi. Ada pula syarat yang terbilang wajib dan ada pula syarat pendukung. Masing-masing penyedia rental motor bisa saja menerapkan syarat yang berbeda-beda. Namun, mayoritas memiliki kesamaan garis besar syarat yang diberlakukan.

Apa sajakah syarat yang biasa diterapkan oleh jasa sewa motor jogja? Beberapa syarat yang biasa diterapkan antara lain sebagai berikut. Pertama, pengisian formulir sewa motor. Hal ini berfungsi untuk kejelasan identitas dan juga sebagai bukti sah adanya perjanjian sewa motor antara kedua belah pihak. Umumnya, formulir tersebut juga memiliki beberapa poin perjanjian yang harus dipatuhi dan disetujui oleh pihak penyewa. Yang kedua, bukti identitas diri. Ya, tidak hanya mengisi formulir namun juga perlu sekali adanya bukti identitas diri. Biasanya, tidak hanya KTP saja yang diminta namun perlu ada identitas pendukung lainnya untuk mencocokan identitas. Yang ketiga, syarat yang terbilang tidak semua rental motor menerapkannya. Syarat yang dimaksud adalah kepemilikan SIM. Jika Anda memiliki SIM terutama SIM C tentu saja tidak menjadi masalah. Namun jika Anda tidak memilikinya, maka Anda bisa jadi menemukan rental motor yang tidak bisa memberikan motor sewaannya kepada Anda. Begitu juga adanya barang jaminan. Ada beberapa pihak rental motor yang meminta Anda untuk meninggalkan barang jaminan sebagai bentuk syarat agar Anda tidak melanggar aturan dan membawa kabur motor.


Selain itu, ada pula tambahan syarat rental motor yang biasa diterapkan yaitu soal survei tempat tinggal. Hal ini biasanya dilakukan untuk masa sewa minggun atau bulanan. Bukan untuk dinilai tempat tinggalnya, hanya saja untuk dicocokan antara keterangan domisili yang diisikan di formulir dan aslinya. Hal ini sebagai bentuk antisipasi pihak rental motor jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.